Akhiri Semester Gasal, MTs NU Banat Kudus Gelar Bazar Riset

News —Senin, 13 Dec 2021 10:14
    Bagikan  
Akhiri Semester Gasal, MTs NU Banat Kudus Gelar Bazar Riset
Foto: Istimewa

MataJateng - MTs NU Banat Kudus menyelenggarakan Bazar Riset dan Class Meeting selama sepekan pada 7—13 Desember 2021. Beberapa tim riset memajang publikasi hasil risetnya di stan masing-masing untuk menyosialisasikan hasil penelitian mereka kepada pengunjung yang hadir.

Kepala MTs NU Banat Kudus, Nor Khusomah, M.Pd., mengatakan, pihaknya menggelar Bazar Riset untuk memotivasi para siswa di sekolahnya agar bisa melakukan penelitian-penelitian yang bermanfaat. Selain itu, acara tersebut dimaksudkan untuk melatih tim riset memublikasikan hasil risetnya kepada publik dan untuk persiapan lomba internasional I2ASPO di Surabaya. 

Baca juga: Ganjar Lantik Agen Antikorupsi, Asah Siswa jadi Musuh Koruptor

“Sekolah kami telah memiliki beberapa tim riset yang melakukan riset dalam beberapa bidang. Ada sembilan yang mengikuti Bazar Riset, antara lain, Tim Game of Kudus Muharram, Tim Game of Hajj, Tim Automatic Hand Washer, Tim Robocov, Tim Foryopo, Tim Gedor Lakon, Tim Maja Native, Tim Coffee-ko, dan Tim MER. Adapun Tim Bewe hanya memajang poster karena personelnya baru pulang dari lomba Myres,” jelasnya.

Foto : istimewa

Baca juga: Integrasi UMKM-Teknologi Digital, Edi Witjara: Pemulihan Ekonomi Perlu Dukung UMKM

Tim Becak Wisata atau Tim Bewe, lanjut Khusomah, yang beranggota Kaisha Raihanuun Irsha dan Najwa Mutia Tsani berhasil meraih juara harapan dalam Bidang Sains Matematika dan Pengembangan Teknologi di acara ajang bergengsi Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres) 2021. Acara tersebut digelar Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia. Penganugerahan pemenang Myres dilaksanakan di Hotel Shangrilla, Surabaya, pada 6 Desember 2021.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Siti Achsinul A, S.Pd., mengatakan, selain Bazar Riset, MTs Nu Banat Kudus di akhir semester gasal juga menggelar kegiatan class meeting. Kegiatan ajang lomba ini menjadi ajang pertemuan seluruh siswa, staf, dan guru. Semua siswa diharuskan ikut dalam kegiatan itu.

“Kegiatan class meeting kali ini lebih semarak karena banyak mata lomba, antara lain, bulutangkis, reportase, pertandingan bola voli, pembacaann UUD 1945, sholawat Banatiyah, dziba’, rangking 1, menghias nasi tumpeng, membuat es campur, menghias jajan jadul, menghias hantaran, fashion show, kreasi barang bekas, serta penilaian kebersihan kelas,” ujar Achsinul.

Baca juga: Ganjar: Awas! 4,8 Juta Pemudik Diprediksikan Masuk Jateng Saat Nataru

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait