Mengunjungi Museum R.A Kartini, Tempat Bersejarah di Jepara

Panduan wisata —Rabu, 10 Nov 2021 11:52
    Bagikan  
Mengunjungi Museum R.A Kartini, Tempat Bersejarah di Jepara
Mengunjungi Museum R.A Kartini, Tempat Bersejarah di Jepara/ Pinterest

JEPARA, MATAJATENG

Mengunjungi suatu tempat bersejarah memang menjadi impian semua orang, karena di tempat inilah wisatawan dapat menikmati keindahan suatu tempa sambil mendapatkan ilmu baru. Jepara menjadi salah satu daerah yang memiliki tempat bersejarah. Salah satu tempat bersejarah di Jepara yang wajib di kunjungi ytiu Museum R.A Kartini.

Museum R.A Kartini didirikan pada tanggal 30 Maret 1975 yang dipimpin oleh Bupati Suwarno Djojo Marwodo dan diresmikan pada tanggal 21 April 1975. Museum ini memiliki luas 5.210 meter.


Daya Tarik

Museum R.A Kartini menyimpan berbagai benda bersejarah peninggalan R.A Kartini dan kakaknya R.M.P. Sosrokartono. Museum ini dibagi menjadi 4 bagian dengan koleksi yang sangat unik di setiap ruangannya. ruangan pertama pada bangunan ini menjadi tempat penyimpanan koleksi peninggalan ibu Kartini. benda yang digunakan selama hidupnya beserta foto-foto. Ruangan ke-2 berisi peninggalam benda-benda R.P.M Sosrokartono.

Baca juga: Ganjar Siap Perjuangkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan Nasional

Baca juga: Si Bina Cantik Bingits Bawa Jateng Raih Top 5 Outstanding Achievement Servisce Innovation 2021

Pada ruangan ke-3 wisatawan akan takjub dengan benda bersejrah dan peneuan purbakala di Jepara. Benda-benda tersebut diantaranya kerajinan jepara, arkeologi dan keramik. sdan ruangan terakhir yaitu ruangan ke-4 yang berisi tulang ikan raksasa dengan nama "Joko Tuwo" dengan panjang sekitar 16m.


Lokasi dan Rute

Museum R.A Kartini memiliki lokasi yang strategis, berada di Jl. Alun-Alun No.1, Panggang, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah. Rute yang harus di tempuh untuk sampai ke tempat ini sangat mudah. Untuk wisatawan yang memulai perjalanan dari Jl. Raya Jepara, kamu harus mengarahkan kendaraan menuju Jl. Pemuda dan belok kearah kanan menuju Jl. Kartini. Ikuti terus jalan sampai menemukan Tugu Pancasila. Setelah itu kamu akan menemukan alun-alun Jepar, dan carilah museum R.A Kartini di sekitar Alun-Alun.


Harga Tiket dan Fasilitas

Museum R.A Kartini mulai beroperasi pada pukul 08.00-17.00 untuk hari senin-sabtu. sedangkan pukul 09.00-17.00 untuk hari minggu. Untuk tiket masuk ke museum ini hanya perlu membayar Rp. 1.500/ orang

Fasilitas yang ada di Museum R.A kartini sangat lengkap, diantaranya:

- Area parkir- Toilet

- Toko souvenir

- Cafetaria

- Ruang kesenian

- Ruang bioskop film kartini. (NL)

Baca juga: Museum Purbakala Sangiran, Tempat Bersejarah dengan Situs Fosil Manusia Sangat Lengkap

Baca juga: Pandawa Water World Solo, Wahana Bermain Air dengan Konsep Dunia Pewayangan

Baca juga: Sam Poo Kong Temple, a Tourist Place With Historical Traces

Baca juga: Mengunjungi Bukit Teletubbies di Waduk Cacaban Tegal

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait